Login
Nickname:
Password:
  Registrasi?
Home
Mimbar Opini
Tentang Kami
Opini Centil
Seluruh anak negeri ini prihatin dengan maraknya kekerasan yang bernuasa SARA akhir-akhir ini. Apa mungkin karena sudah melupakan amalan nilai-nilai Pancasila, dan tidak adanya pendidikan budi pekerti sejak dini.
Redaksi
Untuk meningkatkan mutu berita opini di situs ini, redaksi menerima kritik dan saran yang membangun. Kami menerima tulisan artikel, opini, dan Surat Pembaca, kirim ke email : redaksi@mimbar-opini.com
Mimbar Rakyat
Rakyat membutuhkan keteladanan para pemimpin. Pemimpin kalau bicara menyejukkan dan berwibawa, tidak sembarang membuat pernyataan. Pemimpin bukan provokator, tetapi seorang orator penyemangat menuju Indonesia yang lebih baik.
Mimbar Sehat
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya jika memulai hari dengan sarapan telur. Sebagian besar review penelitian dampak memakan telur menyebutkan bahwa telur mengandung bahan kuat yang dapat membantu mengurangi jumlah kalori. Tak hanya sarapan, berat badan Anda bisa turun jika mengonsumsi telur pada saat makan siang dan makan malam.Telur rebus, telur goreng, atau orak-arik yang dimakan pada saat sarapan membuat seseorang kenyang lebih lama dibanding sarapan dengan makanan lainnya.
Mimbar Sajak
Harapan dan Doa

Pagi semburat merah cerah
Pertanda sang fajar membuncah
Asa nan indah selalu merekah
Doa dan upaya perlu dilangkah

Tiada suka cita tanpa usaha
Malapeta tiba karena dusta
Mari sosong hari ini dengan doa
Harapan dan usaha untuk masa depan jua

Tatap asa dengan optimisme
Langkah pasti dengan ritme
Bijak dan sabar meniti mekanisme
Hindari licik dan rente

Putra Lembah Wilis
Madiun, 11 Nopember 2012
Counter Pengunjung
Anda pengunjung ke-126317
Opini / IPTEK
Memperdalam Al Qur’an Melalui Teknologi Komputer
Oleh redaksi
Rabu, 08-Desember-2004, 03:50:51 2996 klik Send this story to a friend Printable Version
Sekarang ini sudah beredar Digital Qur’an Versi 3. Versi ini merupakan pengembangan dari dua versi sebelumnya yang telah dirilis beberapa tahun lalu. Pernahkah Anda berusaha membaca Alquran sambil menyimak artinya?
Sekarang ini sudah beredar Digital Qur’an Versi 3. Versi ini merupakan pengembangan dari dua versi sebelumnya yang telah dirilis beberapa tahun lalu. Pernahkah Anda berusaha membaca Alquran sambil menyimak artinya?

Seringkali kita harus berpindah dari satu baris terjemah Alquran ke barisan huruf Arab tulisan Alquran. Tidak jarang kegiatan ini membuat kita yang belum terbiasa menjadi cepat lelah. Kesulitan akan semakin bertambah jika kita ingin mengetahui arti padanan kata atau kalimat pada kalam-kalam suci tadi dalam bahasa Indonesia.

Memang telah banyak kitab-kitab terjemah Alquran yang menyajikan terjemahannya kata per kata. Namun, kebanyakan buku-buku terjemahan tadi menjadi berlipat-lipat tebalnya dibanding dengan buku terjemahan Alquran konvensional. Otomatis harga kitab terjemahan tadi ikut berlipat-lipat pula.

Adakah cara menyimak ayat suci Alquran yang cukup nyaman, mudah, dan menarik? Tampaknya jawabannya muncul berkat perkembangan teknologi digital yang semakin pesat dan masif. Kini, di era teknologi digital hal tersebut tidak lagi menjadi kendala. Kemampuan teknologi ini dalam merekam data analog menjadi data digital dalam kemasan yang ringkas tidak sudah tidak diragukan lagi. Berbagai gadget (peralatan digital) semakin ringkas dan mengarah pada miniaturisasi.

Adalah Sony Sugema melalui Sgm Soft Production kembali meluncurkan versi baru Alquran digitalnya. Pemilik Sony Sugema College ini pada awal Oktober 2004 lalu merilis DIGITALQURAN Versi 3 (DQV.3). Versi ini merupakan pengembangan dari dua versi sebelumnya yang telah dirilis beberapa tahun lalu. Masing-masing versi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Kelebihan DIGITALQURAN versi pertama terletak pada ukuran file yang sangat ringkas. Terjemahan 30 juz ayat-ayat Alquran termaktub dalam sebuah disket berkapasitas 1.44 MB (megabyte). Ribuan terjemahan ayat suci ini disertai dengan transkrip asli ayat Alquran dengan menggunakan huruf arab gundul.

Pada pertengahan Juli tahun lalu, Sony meluncurkan Alquran Digital Versi kedua yang dikemas dalam media kepingan cakram padat (compact disc atau CD). Dalam CD ini terkandung 30 juz Alquranul Karim lengkap dengan terjemahan juga dilengkapi dengan huruf Arab. Namun, jika versi sebelumnya hanya dilengkapi huruf arab gundul, pada versi ini huruf Arab ayat-ayat Alquran ini dilengkap dengan tajwidnya.

Kedua versi ini sama-sama menggunakan tampilan berbasis windows dan memiliki fasilitas searching. Kita bisa mencari terjemahan Alquran dengan mengetikkan kata kunci tertentu. Setelah meng-klik tombol find deretan toolbars yang terdapat pada bagian atas jendela tampilan Alquran Digital, otomatis deretan terjemahan ayat-ayat Alquran yang mengandung kata kunci tadi akan muncul di layar monitor. Klik salah satu terjemahan ayat tadi, maka jendela di atasnya akan muncul tampilan huruf Arabnya.

Namun, pada DIGITALQURAN versi kedua ini dilengkapi dengan fasilitas yang jauh lebih baik dari versi sebelumya. DIGITALQURAN versi kedua dilengkapi fasilitas audio. Lantunan murottal bacaan ayat suci akan segera terdengar begitu kita meng-klik tombol listen. Kita bisa menggunakan mode berbeda-beda dalam mendengarkan lantunan file MP3 ayat-ayat suci Alquran ini. Kita bisa mendengarkan satu ayat saja atau bahkan mendengarkan seluruh ayat tanpa henti hingga ayat terakhir Alquran dengan meng-klik tombol continue.

Bagaimana dengan DIGITALQURAN VERSI 3.0 (DQV.3)? Pada dasarnya versi ketiga ini tidak jauh berbeda dari versi sebelumnya. Keduanya memiliki tampilan windows dengan fasilitas search dan listen. Selain beberapa perbaikan program, pada versi ketiga dilengkapi beberapa pilihan perintah tambahan berupa toolbar baru dan pilihan perintah yang lebih lengkap.

Beberapa poin penting pada DQV.3 ini adanya tambahan fasilitas terjemahan dengan bahasa Inggris, fasilitas belajar tajwid, dan fasilitas searcing dengan menggunakan khat (huruf) Arab . Dua fitur tambahan ini tampak sangat membantu pengguna DQV.3 dari semua tingkatan kemampuan baca Alquran.

Tool terjemahan bahasa Inggris

Berbeda dengan versi sebelumnya, pada DQV.3 ditambah fasilitas terjemahan berbahasa Inggris. Ketika digunakan, terjemahan berbahasa Inggris ini muncul menggantikan terjemahan Bahasa Indonesia pada tampilan windows. Untuk mengaktifkan fasilitas ini kita tinggal mengganti pilihan bahasa pada toolbar yang terdapat pada sudut kanan atas. Sama dengan versi sebelumnya terjemahan kedua bahasa ini dilengkapi dengan fasilitas searching. Kita dapat mencari terjemahan ayat-ayat tertentu yang berhubungan dengan topik tertentu dengan mengetikkan kata kunci tertentu yang ingin kita cari.

Belajar tajwid

Dengan meng-klik tombol belajar tajwid, layar monitor akan menampilkan windows baru berisi menu belajar tajwid. Sama seperti DQV.3, menu ini memiliki fasilitas audio yang memungkinkan pengguna lebih memahami bacaan-bacaan Alquran sesuai dengan tajwid. Mulai dari pengenalan jenis-jenis huruf hijaiyyah (Arab) dan cara membacanya, hingga contoh pengucapan pada kata-kata yang terkena hukum tajwid, seperti izhar, idhgham, iqlab, madd, dsb.

Tampilan windows pada fasilitas ini agak berbeda dengan tampilan windows DQV.3. Menu-menu pada tool belajar tajwid ini ditampilkan dengan tampilan menarik penuh warna dan tambahan efek suara setiap kita mengarahkan kursor ke arah menu-menu tadi. Maklum saja, khusus untuk bagian ini dibuat dan ditampilkan dengan menggunakan program Macromedia Flash Player.
Pada tampilan muka belajar tajwid ini terdapat delapan submenu mulai makhraj (pengucapan) huruf, Izhhaar, Idghaam, Iqlaab, Ikhfaa, Qalqalah, Waqaf, dan Madd. Masing-masing menu terbagi lagi dalam sub-sub menu. Fasilitas belajar tajwid ini dilengkapi fasilitas audio yang memudahkan kita dalam mempelajari cara-cara pengucapan huruf-huruf tertentu sesuai dengan kaidah tajwid.

Searching tool dengan huruf Arab

Pada versi DQV.3.1 ini terdapat tambahan fasilitas searching dengan menggunakan khat (font huruf Arab). Pada pengguna DQV.3.1 yang telah mahir, proses pencarian yang ayat dengan presisi lebih tinggi dapat menggunakan tool ini. Mengingat pencarian dengan menggunakan terjemahan kadang-kadang tidak tepat tidak selamanya sesuai dengan apa yang kita maksud.
Kita tinggal meng-klik toolbar Cari (Arab). Selanjutnya akan muncul menu yang harus kita isi dengan kata yang kita cari dengan huruf Arab. Di bawahnya terdapat deretan huruf-huruf hijaiyyah yang akan memunculkan huruf-huruf Arab pada kotak find. Setelah kita klik tombol OK, jika huruf yang kita ketikkan sesuai dengan data base yang ada, maka deretan terjemahan akan muncul. Untuk menggunakan fasilitas ini memang memerlukan sedikit latihan.

Instal

Instalasi program ini tidak sulit. Malah boleh dibilang tidak ada proses installing sama sekali. Yang ada adalah proses copy dan paste. Kita tinggal meng-copy seluruh isi file dari keping CD DQV.3 yang telah terpasang disimpan pada hardisk di subfolder mana pun yang kita inginkan. Untuk memudahkan penggunaan kita juga bisa membuat shortcut yang bisa kita simpan di mana pun.

Untuk dapat menyimpan DQV.3 ini pada PC kita diperlukan ruang sebesar 503MB. Relatif kecil dibandingkan dengan banyaknya peredaran perangkat hardisk di pasaran yang dapat mencapai 20, 40, 80, hingga 120 Gigabit. Namun, jika hardisk yang ada pun telah penuh sesak, DQV.3 bisa dijalankan dengan membaca langsung dari CD-nya melalui perangkat CDROM. Sama seperti ketika kita memutar CD Audio atau VCD pada perangkat pemutar CD/VCD kita.

Satu lagi perbedaan DQV.3 dengan versi sebelumnya, adalah CD DQV.3 ini dipasarkan secara komersial. Alquran digital versi sebelumnya dibagikan secara gratis. Setiap peminat hanya diharuskan mengganti biaya pengganti keping CD yang digunakan pada CD masternya. Untuk DQV.3 dibandrol dengan harga Rp 20.000 untuk setiap keping CD DQV.3. Harga di pasaran, DQV.3 ini berkisar antara Rp 20 sampai 30 ribu.
Pemasaran secara komersial ini bukan tanpa alasan.

Menurut Sony, ketika digratiskan, peminat DIGITALQURAN Ver 2.0 lalu tidak begitu banyak. Lain ketika CD berisi kalam Illahi ini dibandrol dengan harga Rp 20.000 justru permintaan khalayak cukup menggembirakan. Hingga dua bulan berlalu sejak diluncurkan, sekitar 500 ratusan CD telah habis dipesan. Kini Sony tengah merintis penyebaran DQV.3 buatannya ini secara nasional. Ia terus mencari orang-orang yang bersedia menjadi distributor.

(Sumber, Republika 6 Desember 2003)
Komentar Anda >>
Komentar
Belum ada komentar...
Diskusi
Posting Terbaru
. Itupoker.com Agen Poker ONline
. Mengembangkan Kajian al-Qur'an
. CV.WORLD OF FIRESTORM
. Fungsi hukum yang telah dibuat pemerintah dan...
. Penyebab Bencana saat ini
Respon Terbaru
. Bisnis Online Jadi Jutawan, Cocok Buat Awam, ...
. kritik membangun.
. BELAJAR ONLINE HARUSNYA LEBIH MURAH
. LOWONGAN KERJA : Dicari Perwakilan Unit Agen.
. Uang didapat tergantung kita mencarinya.
Iklan Baris
Iklan Terbaru
. Durasi hubungan pasutri lebih ...
. Menjadi Bunda Super buat Kelua...
. BISNIS TANPA STOK - bisnis onl...
. BISNIS TANPA STOK - bisnis onl...
. Solusi Herbal Atasi Masalah Wa...
. Ereksi tetap PERKASA Meski Sud...
. cellphone jammer
. Ereksi tetap PERKASA Meski Sud...
. alat memperbesar penis(proexte...
. Pembahasan soal un matematika ...
Mimbar Aturan
Isi tulisan opini baik berupa artikel, maupun Surat Pembaca, tanggapan, iklan, diskusi, merupakan tanggung jawab masing-masing penulis atau pengirim. Namun demikian, redaksi menghimbau agar tulisan tidak menyinggung masalah SARA. Redaksi berhak menghapus tulisan yang kurang pas, atau ada permintaan dari pihak yang dirugikan. Trims.
Mimbar Pesan
Jadilah orang yang berguna bagi orang lain, serta bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.