Login
Nickname:
Password:
  Registrasi?
Home
Mimbar Opini
Tentang Kami
Opini Centil
Seluruh anak negeri ini prihatin dengan maraknya kekerasan yang bernuasa SARA akhir-akhir ini. Apa mungkin karena sudah melupakan amalan nilai-nilai Pancasila, dan tidak adanya pendidikan budi pekerti sejak dini.
Redaksi
Untuk meningkatkan mutu berita opini di situs ini, redaksi menerima kritik dan saran yang membangun. Kami menerima tulisan artikel, opini, dan Surat Pembaca, kirim ke email : redaksi@mimbar-opini.com
Mimbar Rakyat
Rakyat membutuhkan keteladanan para pemimpin. Pemimpin kalau bicara menyejukkan dan berwibawa, tidak sembarang membuat pernyataan. Pemimpin bukan provokator, tetapi seorang orator penyemangat menuju Indonesia yang lebih baik.
Mimbar Sehat
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya jika memulai hari dengan sarapan telur. Sebagian besar review penelitian dampak memakan telur menyebutkan bahwa telur mengandung bahan kuat yang dapat membantu mengurangi jumlah kalori. Tak hanya sarapan, berat badan Anda bisa turun jika mengonsumsi telur pada saat makan siang dan makan malam.Telur rebus, telur goreng, atau orak-arik yang dimakan pada saat sarapan membuat seseorang kenyang lebih lama dibanding sarapan dengan makanan lainnya.
Mimbar Sajak
Harapan dan Doa

Pagi semburat merah cerah
Pertanda sang fajar membuncah
Asa nan indah selalu merekah
Doa dan upaya perlu dilangkah

Tiada suka cita tanpa usaha
Malapeta tiba karena dusta
Mari sosong hari ini dengan doa
Harapan dan usaha untuk masa depan jua

Tatap asa dengan optimisme
Langkah pasti dengan ritme
Bijak dan sabar meniti mekanisme
Hindari licik dan rente

Putra Lembah Wilis
Madiun, 11 Nopember 2012
Counter Pengunjung
Anda pengunjung ke-125505
Opini / HAM/Demokratisasi
Amandemen UUD 1945 dan Kesejahteraan Rakyat
Oleh Jeffry
Rabu, 26-Juli-2006, 02:28:13 1387 klik Send this story to a friend Printable Version
Amandemen UUD 1945 merupakan aspirasi rakyat dalam rangka menuju cita-cita nasional kesejahteraan rakyat yang adil dan makmur. Amandemen UUD 1945 perlu dilakukan untuk menjawab tantangan kemajuan jaman. Oleh karena itu, semua pihak harus bisa memahami aspirasi perubahan UUD 195 dan tidak perlu diributkan.
Menurut mantan Menteri Perumahan Rakyat, Siswono Yudhohusodo, saat ini tidak perlu ribut masalah perlu tidaknya kembali kepada UUD '45 sebelum amandemen. Yang diperlukan saat ini adalah implementasi untuk mewujudkan negara kesejahteraan (welfare state) seperti yang diamanatkan dalam Pembukaan UUD 45. Indonesia menganut welfare state, hanya saja implementasinya masih sangat jauh dari harapan sehingga isu-isu kesejahteraan itu harus terus dikembangkan dan diperluas.

Dalam pembukaan UUD 1945 dan pasal-pasalnya secara jelas menunjukkan keinginan mewujudkan welfare state. Ciri-ciri negara kesejahteraan di antaranya negara berusaha melindungi rakyat misalnya dalam hal pendidikan, pengelolaan sumber-sumber kekayaan alam dan masalah fakir miskin serta anak terlantar. Namun masalahnya, berbagai kesulitan dihadapi oleh negara ini, terutama kesulitan pembiayaan. Akibatnya justru semakin menyimpang dari cita-cita negara kesejahteraan. Sekarang yang tampak misalnyai komersialisasi pendidikan sehingga rakyat miskin tidak bisa sekolah, kesehatan, tarif angkutan umum yang tidak murah, komersialiasi kebutuhan dasar manusia seperti air minum. Bahkan sumber daya air juga dikomersialkan.

Dari bukti-bukti empirik di seluruh dunia, negara welfare state menunjukkan kemampuan yang lebih nyata dalam memberikan kesejahteraan umum daripada sistem yang lain seperti komunisme atau pun kapitalisme liberal. Tetapi sistem kapitalis liberal yang welfare state dapat menghasilkan negara yang makmur sejahtera bagi rakyatnya. Rakyat dapat jaminan pendidikan layak, jaminan hari tua, asuransi dan lain-lain.

Saya kira wujudkan dulu welfare state sehingga tidak perlu berpolemik soal UUD 45 yang diamandemen atau tidak karena harus disadari tidak ada satupun produk manusia yang sempurna sepanjang zaman.

Rico Graisnanda
Bumi Panggugah, Ciomas, Bogor
Email: ricogra@plasa.com

Komentar Anda >>
Komentar
Belum ada komentar...
Diskusi
Posting Terbaru
. Itupoker.com Agen Poker ONline
. Mengembangkan Kajian al-Qur'an
. CV.WORLD OF FIRESTORM
. Fungsi hukum yang telah dibuat pemerintah dan...
. Penyebab Bencana saat ini
Respon Terbaru
. Bisnis Online Jadi Jutawan, Cocok Buat Awam, ...
. kritik membangun.
. BELAJAR ONLINE HARUSNYA LEBIH MURAH
. LOWONGAN KERJA : Dicari Perwakilan Unit Agen.
. Uang didapat tergantung kita mencarinya.
Iklan Baris
Iklan Terbaru
. Download Gratis Ebook Terapi P...
. Solusi lengkap untuk PASUTRI 1...
. SEWA MOBIL Murah di Cirebon
. Jual Rumah PURI Indah - http:...
. Isi Sendiri Lebih Hemat Lebih ...
. Konsultasikan Seragam Kerja An...
. Sering Ejakulasi dini, atau M...
. Prediksi Bola JITU | Ruangkaba...
. Durasi hubungan pasutri lebih ...
. Situs Prediksi Bola Online JIT...
Mimbar Aturan
Isi tulisan opini baik berupa artikel, maupun Surat Pembaca, tanggapan, iklan, diskusi, merupakan tanggung jawab masing-masing penulis atau pengirim. Namun demikian, redaksi menghimbau agar tulisan tidak menyinggung masalah SARA. Redaksi berhak menghapus tulisan yang kurang pas, atau ada permintaan dari pihak yang dirugikan. Trims.
Mimbar Pesan
Jadilah orang yang berguna bagi orang lain, serta bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.