Login
Nickname:
Password:
  Registrasi?
Home
Mimbar Opini
Tentang Kami
Opini Centil
Seluruh anak negeri ini prihatin dengan maraknya kekerasan yang bernuasa SARA akhir-akhir ini. Apa mungkin karena sudah melupakan amalan nilai-nilai Pancasila, dan tidak adanya pendidikan budi pekerti sejak dini.
Redaksi
Untuk meningkatkan mutu berita opini di situs ini, redaksi menerima kritik dan saran yang membangun. Kami menerima tulisan artikel, opini, dan Surat Pembaca, kirim ke email : redaksi@mimbar-opini.com
Mimbar Rakyat
Rakyat membutuhkan keteladanan para pemimpin. Pemimpin kalau bicara menyejukkan dan berwibawa, tidak sembarang membuat pernyataan. Pemimpin bukan provokator, tetapi seorang orator penyemangat menuju Indonesia yang lebih baik.
Mimbar Sehat
Jika Anda ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya jika memulai hari dengan sarapan telur. Sebagian besar review penelitian dampak memakan telur menyebutkan bahwa telur mengandung bahan kuat yang dapat membantu mengurangi jumlah kalori. Tak hanya sarapan, berat badan Anda bisa turun jika mengonsumsi telur pada saat makan siang dan makan malam.Telur rebus, telur goreng, atau orak-arik yang dimakan pada saat sarapan membuat seseorang kenyang lebih lama dibanding sarapan dengan makanan lainnya.
Mimbar Sajak
Harapan dan Doa

Pagi semburat merah cerah
Pertanda sang fajar membuncah
Asa nan indah selalu merekah
Doa dan upaya perlu dilangkah

Tiada suka cita tanpa usaha
Malapeta tiba karena dusta
Mari sosong hari ini dengan doa
Harapan dan usaha untuk masa depan jua

Tatap asa dengan optimisme
Langkah pasti dengan ritme
Bijak dan sabar meniti mekanisme
Hindari licik dan rente

Putra Lembah Wilis
Madiun, 11 Nopember 2012
Counter Pengunjung
Anda pengunjung ke-125423
Opini / HAM/Demokratisasi
Pancasila Masih Sebagai Dasar Negara
Oleh redaksi
Minggu, 05-Juni-2011, 10:35:50 1550 klik Send this story to a friend Printable Version
Tanggal 1 Juni merupakan awal lahirnya Pancasila yang menjadi sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah Pancasila masih layak digunakan sebagai Ideologi bangsa? Dan apakah masih layak Pancasila dijadikan sebagai sebagai pemersatu bangsa Indonesia?
Pada 1 Juni 2011, Pancasila tepat berusia 66 tahun. Namun pada peringatan hari lahirnya, Pancasila baru dimaknai sebatas dasar negara Indonesia. Pancasila gagal diterapkan dalam nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mengutip pernyataan mantan Presiden BJ Habibie. Dia menilai Pancasila sebagai dasar negara makin jarang dibahas dan dikutip dalam berbagai forum kehidupan. Pasca-reformasi, Pancasila seperti tersandar di sebuah lorong sunyi di tengah kehidupan bangsa yang semakin hiruk-pikuk oleh politik.

Setelah melewati sekian lama masa reformasi, maka memunculkan kesadaran baru, bahwa ternyata Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dianggap penting untuk digelorakan kembali. Pilar kebangsaan itu dianggap sebagai alat pemersatu bangsa yang tidak boleh dianggap sederhana hingga dilupakan. Pancasila dianggap sebagai alat pemersatu, karena berisi cita-cita dan gambaran tentang nilai-nilai ideal yang akan diwujudkan oleh bangsa ini.

Badan Pusat Statistik menemukan dalam surveinya, publik masih membutuhkan Pancasila. Dari 12.000 responden yang ditanya, 79,26 persen menyatakan Pancasila penting dipertahankan. Sementara 89 persen masyarakat berpendapat permasalahan bangsa, disebabkan kurangnya pemahaman nilai-nilai Pancasila. Dari survei ini juga bahwa pandangan publik ketika ditanya soal negara dengan dasar agama. Sekitar 75 persen mereka mengatakan keinginan mendirikan dan gerakan politik negara berdasar agama itu tidak dapat dibenarkan.

Pancasila adalah dasar negara kita Indonesia. Dasar negara, adalah fondasi, dan karena negara adalah gabungan berbagai kepentingan manusia, maka dasar negara adalah falsafah, pola pikir, dan visi yang diharapkan ada pada setiap manusia Indonesia.

Pancasila sebagai dasar negara, merupakan pusat orientasi budaya bangsa Indonesia yang mencerminkan keanekaragaman budaya. Itulah keunikan bangsa kita bila dibandingkan dengan negara lain, yang mampu menyatukan bangsa Indonesia dari keanekaragaman, agama, budaya, bahasa, suku atau adat istiadat.

Semoga saja Pancasila akan selalu menjadi dasar negara Indonesia dan para pemimpin dan seluruh warga negara kita bisa mengamalkan isi dari Pancasila.

Reza Sanubari
Jl Bukit Duri Selatan No 21 Tebet
Jakarta Selatan
Komentar Anda >>
Komentar
Belum ada komentar...
Diskusi
Posting Terbaru
. Itupoker.com Agen Poker ONline
. Mengembangkan Kajian al-Qur'an
. CV.WORLD OF FIRESTORM
. Fungsi hukum yang telah dibuat pemerintah dan...
. Penyebab Bencana saat ini
Respon Terbaru
. Bisnis Online Jadi Jutawan, Cocok Buat Awam, ...
. kritik membangun.
. BELAJAR ONLINE HARUSNYA LEBIH MURAH
. LOWONGAN KERJA : Dicari Perwakilan Unit Agen.
. Uang didapat tergantung kita mencarinya.
Iklan Baris
Iklan Terbaru
. Menjadi Bunda Super buat Kelua...
. BISNIS TANPA STOK - bisnis onl...
. BISNIS TANPA STOK - bisnis onl...
. Sering Ejakulasi dini, atau M...
. JUAL BAJU DRESS|CARDIGAN|ROK|J...
. Herbal-NaturalCures -- http:...
. arsitek kontraktor di denpasar...
. Interior Design di Bali | Kitc...
. Ingin Menurunkan Berat Badan ?...
. Prediksi Bola JITU | Ruangkaba...
Mimbar Aturan
Isi tulisan opini baik berupa artikel, maupun Surat Pembaca, tanggapan, iklan, diskusi, merupakan tanggung jawab masing-masing penulis atau pengirim. Namun demikian, redaksi menghimbau agar tulisan tidak menyinggung masalah SARA. Redaksi berhak menghapus tulisan yang kurang pas, atau ada permintaan dari pihak yang dirugikan. Trims.
Mimbar Pesan
Jadilah orang yang berguna bagi orang lain, serta bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.